KARAKTERISTIK SKAR AKNE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2, SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 DI KOTA MATARAM

Nurutami, Adisti (2019) KARAKTERISTIK SKAR AKNE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2, SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah-Adisti Nurutami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Skar akne ditemukan pada 1,7 per 1000 populasi dunia. Pada laki-laki ditemukan 2,0 per 1000 populasi dan perempuan 1,3 per 1000 populasi. Tingginya angka kejadian skar akne pada remaja dan dampak negatifnya yang berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien, penulis merasa perlu melakukan penelitian mengenai Karakteristik Skar Akne pada Siswa Sekolah Menengah Atas 2, Sekolah Menengah Atas 3 dan Sekolah Menengah Atas 5 di Kota Mataram. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional, dilakukan dengan pengisian kuesioner, pengukuran berat serta tinggi badan siswa yang mengalami skar akne pada SMAN 2, SMAN 3 dan SMAN 5 Kota Mataram. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan diolah menggunakan software statistik. Hasil : 85,2% siswa yang mengalami skar akne merupakan remaja usia pertengahan. 53,7% siswa laki-laki, terbanyak pada siswa kelas 1 SMA. 89,8% dari 108 siswa yang mengalami skar akne juga sedang menderita akne. 22,2% siswa menderita skar akne tipe kombinasi antara icepick-boxcar dan boxcar- rolling. Lebih dari 50% siswa mengalami skar akne pernah melakukan tindakan manipulasi, tidak rutin menggunakan pelindung wajah seperti masker, tabir surya dan pelembab, waktu tidur yang kurang, melakukan pengobatan yang dilakukan lebih dari setahun menderita akne, konsumsi makanan berminyak, kurang konsumsi buah dan sayur serta riwayat keluarga. Kesimpulan : Skar akne sebagian besar terjadi pada remaja usia pertengahan dan lebih banyak terjadi pada laki-laki. Tipe skar akne terbanyak yaitu tipe kombinasi skar atrofi. Kebiasaan sehari-sehari dan riwayat keluarga dapat menjadi gambaran faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya skar akne.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Skar akne, jenis skar akne, tindakan manipulasi terhadap akne, riwayat pengobatan pada akne.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:32
Last Modified: 29 Jul 2019 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14168

Actions (login required)

View Item View Item