ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU JAGUNG DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Azzuli, Dila Rahilda (2019) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN NILAI TAMBAH AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU JAGUNG DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi dila 1 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pendapatan agroindustri berbahan baku jagung dari tahun 2014 – 2018; (2) Menganalisis besarnya nilai tambah agroindustri berbahan baku jagung; (3) Menganalisis perkembangan usaha agroindustri berbahan baku jagung dari tahun 2014 – 2018; (4) Menentukan strategi bisnis dan strategi manajemen dalam peningkatkan nilai tambah agroindustri berbahan baku jagung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.Penentuan lokasi sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan penentuan responden dilakukan secara sensus.Penelitian dilakukan di Kabupaten Lombok Tengah.Analisis data yang digunakan diantaranya adalah analisis pendapatan, nilai tambah, perkembangan usaha, dan strategi.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Besarnya pendapatan agroindustri berbahan baku jagung per proses produksinya selama 5 tahun terakhir (tahun 2014 – 2018) tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup ( π< USD 1). Pendapatan produk emping jagung lebih besar dibandingkan marning jagung dan tortilla.; (2) Nilai tambah dari proses pengolahan jagung menjadi tortilla lebih besar dibandingkan dengan emping jagung dan marning jagung. Pengolahan jagung menjadi emping jagung memiliki nilai tambah sebesarRp.8.124,05/kg atau sebesar 32,31%; marning jagung sebesar Rp 12.295,80/kg atau sebesar 35,86% dan tortilla sebesar Rp 57.530,43/kg atau sebesar 69,04%.; (3) Perkembangan usaha agroindustri berbahan baku jagung selama 5 tahun terakhir (2014 – 2018) mengalami peningkatan dan penurunan, yang disebabkan oleh jumlah permintaan dan tenaga kerja.; (4) Strategi yang harus dilakukan dalam meningkatkan nilai tambah yaitu menggunakan strategi bisnis dan strategi manajemen seperti: a) Strategi produksi atau operasional; b) Strategi pemasaran; c) Strategi pengembangan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agroindustri, Pendapatan, Nilai Tambah, Perkembangan dan Strategi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:30
Last Modified: 29 Jul 2019 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14175

Actions (login required)

View Item View Item