TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANAPENGGELAPANDALAM JABATAN OLEH NOTARIS BERDASARKAN PASAL 374 KUHP (PUTUSAN NOMOR54/PID.B/2016/PN.MTR)

PAJDUANI, M. ALAWI (2019) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANAPENGGELAPANDALAM JABATAN OLEH NOTARIS BERDASARKAN PASAL 374 KUHP (PUTUSAN NOMOR54/PID.B/2016/PN.MTR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap notaris yang melakukan penggelapan dalam jabatan dan penerapan pidananya. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan, konseptual dan kasus. Bahan hukum yang digunakan primer, sekunder dan tersier dengan melakukan studi kepustakaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penafsiran. Berdasarkan hasil penelitian Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap notaris yang melakukan penggelapan dalam jabatan adalah Alasan yuridis dan alasan Non Yuridis. Penerapan pidana terhadap notaris ynag melakukan penggelapan dalam Jabatan di dalam putusan Nomor 54/PID.B/2016/PN.MTR terlalu ringan yaitu pidana penjara selama 6 bulan, pidana tersebut jauh dari ancaman pidana yang ada pada Pasal 374 KUHP yaitu pidana penjara paling lama adalah 5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tindak Pidana. Penggelapan. Notaris
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:36
Last Modified: 01 Aug 2019 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item View Item