KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019 BERDASARKAN TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH POLYA

KHAIRUNNISA, ULFA (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019 BERDASARKAN TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH POLYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ULFA KHAIRUNNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori kemampuan pemecahan masalah matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Mataram tahun ajaran 2018/2019 berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian populasi dengan subjek sebanyak 57 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Data hasil tes dianalisis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menggunakan tahapan Polya dan hasil wawancara untuk memperjelas bagaimana siswa melakukan tahap-tahap pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada tahap memahami masalah berada pada kategori baik, tahap membuat rencana berada pada kategori kurang, melaksanakan rencana penyelesaian berada pada kategori kurang, dan tahap melihat kembali berada pada kategori sangat kurang. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara umum berada pada kategori kurang dengan rata-rata sebesar 48,68. Rendahnya kemampuan siswa dalam melihat kembali dikarenakan masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan tahapan sebelumnya sehingga tidak menyelesaikan sampai tahap melihat kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teori Polya, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pola Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Aug 2019 07:36
Last Modified: 01 Aug 2019 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item