PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

YANTI, ELI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELI YANTI E1M015024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia materi stoikiometri pada siswa kelas X SMAN 4 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent control group. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan model penemuan terbimbing (guided discovery). Nilai kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol (pretest-posttest) dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, diperoleh N-gain kelas eksperimen berkategori sedang (33%) dan kelas kontrol berkategori rendah (28%). Rata-rata hasil belajar siswa (post-test) kelas eksperimen 78, sedangkan kelas kontrol 49. Hasil uji hipotesis pada kemampuan berpikir kritis menggunakan uji gain-t, diperoleh hasil uji statistik uji gain-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (3,5 > 1,67) yang artinya terdapat pengaruh positif model penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji hipotesis data hasil belajar menggunakan uji gain-t, diperoleh hasil uji statistik uji gain-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (3,3 > 1,67) yang artinya terdapat pengaruh positif model penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar kimia siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penemuan terbimbing (guided discovery), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kimia, Stoikiometri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:54
Last Modified: 06 Aug 2019 01:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14214

Actions (login required)

View Item View Item