PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 LEMBAR

HAYATI, HUSNA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HUSNA HAYATI (SKRIPSI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar yang terdiri dari 85 orang dan tersebar dalam 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model guided discovery learning dan siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes berbentuk uraian untuk kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kimia. Uji hipotesis dengan uji U-test menunjukkan untuk kemampuan berpikir kreatif, Zhitung (5,81) > Ztabel (1,645) dan untuk hasil belajar Zhitung (5,11) > Ztabel (1,645) pada taraf signifikan 5% sehingga Ha1 dan Ha2 diterima. Adapun nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen secara berturut-turut sebesar 58,62 dan 71,02 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20,17 dan 23,56. Dengan demikian model pembelajaran guided discovery learning memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 1 Lembar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): guided discovery learning, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:24
Last Modified: 06 Aug 2019 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14220

Actions (login required)

View Item View Item