ANALISIS PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW PADA TOKOH TORA DALAM NOVEL 180 KARYA MOHAMMED CEVY ABDULLAH DAN NOORCA M. MASSARDI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SATRIAWAN, SATRIAWAN (2019) ANALISIS PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW PADA TOKOH TORA DALAM NOVEL 180 KARYA MOHAMMED CEVY ABDULLAH DAN NOORCA M. MASSARDI DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari peneitian ini adalah mendeskripsikan psikologi tokoh Tora dalam novel 180 Karya Mohammed Cevy Abdullah dan Noorca M. Massardi dalam perspektif Humanistik Abraham Maslow dan mengaitkannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Dalam pengumpulan data penelitian, metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan dan teknik catat. Sementara, pendekatan yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan menggunakan pendekatan kebutuhan bertingkat Abraham Maslow. Setelah data selesai dianalisis, data kemudian disajikan dalam bentuk teks. Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan fisiologis tentang makan dan minum di restoran yang ada di Singapura, dan kebutuhan istirahat, Tora tertidur setelah melakukan berbagai aktifitas sedangkan kebutuhan seks didapatkan dari semua perempuan yang menghampirinya. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan tentang Tora yang berlindung pada Pak Pendi dikarenakan Tora mendapatkan ancaman dari Fadil. Kebutuhan rasa cinta dan memiliki didapatkan dari temannya Bendol dan Ibunya bahkan Tora jatuh cinta pada restoran yang ada di Singapura. Kebutuhan harga diri sendiri didapatkan karena Tora merasakan bangga pada dalam dirinya, sedangkan penghargaan dari orang lain didapatkan tepuk tangan yang meriah dari para pemegang saham, dan kebutuhan yang tertinggi adalah kebutuhan aktualisasi diri dan kebutuhan ini semua terpenuhi. Kepribadian yang terdapat pada tokoh Tora dalam novel 180 karya Mohammed Cevy Abdullah dan Noorca M. Massardi dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA, karena merupakan pembelajaran sastra di SMA sesuai dengan KD dan KI yang telah ditetapkan dalam K-13 yaitu (KD) Menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kepribadian, novel, pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:24
Last Modified: 06 Aug 2019 06:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item View Item