NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TRADISI ZIKIR DAN PETA KAPANCA (Studi Deskriptif Pada Pelaksanaan Perkawinan Masyarakat Suku Mbojo di Desa Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu)

MAWARNI, MAWARNI (2019) NILAI-NILAI PANCASILA DALAM TRADISI ZIKIR DAN PETA KAPANCA (Studi Deskriptif Pada Pelaksanaan Perkawinan Masyarakat Suku Mbojo di Desa Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pokok permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Nilai-nilai Pancasila dalam tradisi zikir dan peta kapanca pada pelaksanan perkawinan suku Mbojo di Desa Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek ditentukan dengan menggunakan teknik Snowball Sampling dan informan ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang bersumber dari data primer: wawancara, observasi dan dokumentasi dan sekunder: data-data, dokumen dan buku-buku di olah menggunakan teknik analisi data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penearikan kesimpulan. Beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini yaitu: (1) zikir dan peta kapanca merupakan bagian dari proses pelaksanaan perkawinan adat masyarakat suku Mbojo. Zikir dan peta kapanca hanya berlaku di daerah Mbojo, karena perbedaan adat istiadat antar daerah lainnya. (2) tahapan pelaksanaan zikir dan peta kapanca yaitu upacara peta kapanca, lumatan daun pacar (penempelan daun pacar), zikir atau do’a dan ranca male (rangkaian bunga- bunga telur). (3) Nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam zikir dan peta kapanca dalam sila pertama terdapat dalam tahap zikir atau do’a; nilai sila kedua yang terkandung dalam zikir dan peta kapanca terdapat dalam tahap upacara peta kapanca, lumatan daun pacar dan ranca male (rangkaian bung-bunga telur); nilai sila ketiga yang terkandung dalam zikir dan peta kapanca terdapat dalam tahap upacara peta kapnca; nilai sila keempat terdapat dalam tahap upacara peta kapanca dan dan lumatan daun pacar (penempelan daun pacar); dan sila kelima yang terkandung dalam zikir dan peta kapanca terdapat dalam tahap upacara peta kapanca dan ranca male (rangkaian bunga-bunga telur).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pancasila, Zikir dan Peta Kapanca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:40
Last Modified: 08 Aug 2019 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item