English Teachers’ Methodological Competence in Implementing Communicative Language Teaching Principle in Teaching Speaking at Nurul Hakim Islamic Boarding School, Kediri

SAUPI IRAWAN, SOPIAN SAUPI (2019) English Teachers’ Methodological Competence in Implementing Communicative Language Teaching Principle in Teaching Speaking at Nurul Hakim Islamic Boarding School, Kediri. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SOPIAN SAUPI IRAWAN I2J016034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbicara dengan lancar dan akurat adalah poin penting dalam belajar bahasa Inggris. Kemampuan ini berkaitan dengan kompetensi komunikatif. Communicative Language Teaching (CLT) dirancang untuk meningkatkan kompetensi komunikatif siswa, guru bahasa Inggris, bagaimanapun, telah memberikan sedikit perhatian tentang bagaimana CLT meningkatkan kompetensi komunikatif siswa sehingga siswa menunjukkan respons yang bervariasi dalam belajar bahasa Inggris khususnya berbicara. Studi kualitatif ini meneliti metodologi kompetensi guru bahasa Inggris dalam mengimplementasikan CLT dalam mengajar berbicara. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan implementasi CLT oleh dua Guru Bahasa Inggris di kelas enam Program Pendidikan Khusus Putri, Pondok Pesantren Nurul Hakim, Lombok dengan memberikan perhatian pada kesenjangan dengan melakukan observasi kelas enam di Program Pendidikan Khusus Nurul Hakim Islam Pondok Pesantren, Lombok. Data diperoleh dengan melakukan observasi kelas dan wawancara dengan kedua Guru Bahasa Inggris. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Miles and Huberman Model. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru bahasa inggris menerapkan prinsip-prinsip CLT melalui beberapa cara seperti percakapan Guru-Siswa, percakapan siswa-siswa, dan pekerjaan individu siswa. Lebih spesifiknya, kegiatan kelas memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris. Selain itu, para guru menerapkan permainan, kerja kelompok, interaksi tatap muka, dan permainan peran untuk mengaktifkan seiswa pasif. Bermain game adalah kegiatan yang paling menarik minat siswa, diikuti oleh permainan peran, diskusi kelompok dan interaksi tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Metodologi Guru, CLT, Pengajaran Berbicara, Pondok Pesantren Nurul Hakim
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:40
Last Modified: 08 Aug 2019 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item