PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR BICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI MIPA MAN 2 MATARAM

Muhsin, Lalu Busyairi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR BICARA MENULIS (THINK TALK WRITE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID KELAS XI MIPA MAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Berpikir Bicara Menulis Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia materi koloid. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 2 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas Kontrol. Pada kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model TTW sedangkan pada kelas Kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Konvensional metode Ceramah. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukan thitung (2,097) > ttabel (1,669) yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran TTW memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap Hasil Belajar Sistem Koloid Siswa kelas XI MIPA MAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Berpikir Bicara Menulis Think Talk Write (TTW), Post-test Only Control Group Design dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:40
Last Modified: 08 Aug 2019 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item View Item