PENGARUH METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5 SDN GUGUS V AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019

MAULIA, MELA (2019) PENGARUH METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5 SDN GUGUS V AMPENAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi mela maulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode learning starts with a question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN gugus V Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen tipe quasi eksperimen nonequivalent control group design. Dalam melaksanakan rancangan penelitian tersebut, penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan dengan uji kesetaraan dengan placement test. Skor pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Melalui uji statistik tersebut diketahui bahwa taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode learning starts with a question (LSQ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN gugus V Ampenan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan effect size sebesar 0,625. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan teori-teori yang relevan yang menunjukkan bahwa metode learning starts with a question (LSQ) mampu melatih kegiatan belajar yang menunjang perkembangan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Starts With A Question (LSQ), Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:40
Last Modified: 08 Aug 2019 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item View Item