ANALISIS KUALITAS SOAL BAHASA INDONESIA PRAUJIAN NASIONAL MTs DARUL ISHLAH LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018: KAJIAN ASPEK MATERI, KONSTRUK, DAN BAHASA

ZULKHAIRATIH, TRI AGUSTIN (2019) ANALISIS KUALITAS SOAL BAHASA INDONESIA PRAUJIAN NASIONAL MTs DARUL ISHLAH LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2017/2018: KAJIAN ASPEK MATERI, KONSTRUK, DAN BAHASA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bejudul “Analisis Kualitas Soal Bahasa Indonesia Praujian Nasional MTs Darul Ishlah Lombok Barat Tahun Ajaran 2017/2018: Kajian Aspek Materi, Konstruk, dan Bahasa”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kualitas soal bahasa Indonesia Pra-UN MTs Darul Ishlah Lombok Barat Tahun Ajaran 2017/2018 dari aspek materi, konstruk, dan bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal bahasa Indonesia Pra-UN MTs Darul Ishlah Lombok Barat Tahun Ajaran 2017/2018 dari aspek materi, konstruk, dan bahasa. Jenis penelitian ini yiatu deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode simak teknik yang digunakan yakni teknik dokumentasi dan teknik catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu pada aspek matei, masih terdapat beberapa soal yang belum sesuai dengan KD dan indikator dalam silabus pembelajaran, ditemukan soal yang tidak sesuai dengan materi soal Pra-UN, pada aspek konstruk tidak tedapat satu butir soal yang memenuhi sepuluh kategori validitas konstruk namun presentasi ketercapaian kualitas butir soal pada validitas kontruk sangat tinggi, pada aspek bahasa semua soal memenuhi kategori namun terdapat beberapa soal yang meliki kriteria kurang sesuai dengan bebeapa kategori. Oleh karena itu soal Pra-UN yang digunakan oleh kabupaten Lombok Barat bekualitas standar atau sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): evaluasi, metode penelitian pendidikan, kualitas soal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 00:40
Last Modified: 08 Aug 2019 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14238

Actions (login required)

View Item View Item