ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA LIRIK LAGU EBIET G. ADE DALAM ALBUM MASIH ADA WAKTU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Fitriani, Nurul (2019) ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA LIRIK LAGU EBIET G. ADE DALAM ALBUM MASIH ADA WAKTU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimanakah penggunaan jenis gaya bahasa perbandingan pada lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album Masih Ada Waktu. 2)Bagaimanakah implikasi gaya bahasa perbandingan pada lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album Masih Ada Waktu terhadap pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa perbandingan pada lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album masih ada waktu dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi dan metode simak. Metode dokumentasi diterapkan pada saat peneliti mengumpulkan data berupa transkrip lirik- lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album Masih Ada Waktu. Selanjutnya, metode simak digunakan untuk mendengarkan lagu Ebiet G. Ade yang dilanjutkan dengan teknik catat untuk mencatat lirik lagu yang didengarkan. Metode dalam menganalisis data adalah membaca, mengidentifikasi, mengklasifikasi, mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jenis gaya perbandingan yang terdapat lirik lagu Ebiet G. Ade yang berjudul Masih Ada Waktu, Hidupku MilikMu, Dan Hari Ini Engkau, Berita Kepada Kawan, Kosong, dan KepadaMu Aku Pasrah adalah terdapat empat jenis gaya bahasa yaitu simile, metafora, personifikasi, dan alegori. Jenis gaya bahasa perbandingan yang paling dominan adalah metafora yaitu 16 data. Dari 34 data yang ditemukan di antaranya terdapat 3 simile, 16 metafora, 13 personifikasi, dan 2 Alegori. Implikasi lirik lagu Ebiet G. Ade dalam album Masih Ada Waktu terhadap pembelajaran sastra di SMA adalah lirik lagu dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran puisi yang dapat digunakan sebagai pengganti teks puisi dan dapat menjadi acuan atau contoh yang baik dari segi pemilihan kata ataupun gaya bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gaya Bahasa Perbandingan, Lirik Lagu, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:03
Last Modified: 09 Aug 2019 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item