Aktivitas Ekstrak Daun Pegagan (Centella asiatica) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli

MURDIYANSAH, SANDI (2019) Aktivitas Ekstrak Daun Pegagan (Centella asiatica) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SANDI MURDIYANSAH_E1A012049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Aktivitas Ekstrak Daun Pegagan (Centella asiatica) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli telah dilakukan dengan tujuan mengetahui aktivitas ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yaitu dengan memberikan perlakuan terhadap ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) dalam pelarut etanol dan etil asetat terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Eschericia coli dalam tiga konsentrasi yaitu 30, 50 dan 70%. Data uji aktivitas antibakteri dianalisis secara kualitatif dengan standar menurut (Coyle, 2005) dan secara kuantitatif menggunakan uji ANOVA dua arah dengan Interaksi. Uji lanjutan dilakukan dengan uji beda nyata terkecil (BNT) dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun pegagan dalam pelarut etanol tidak dapat menghambat pertumbuhan bakteri sedangkan ekstrak daun pegagan dalam pelarut etil asetat mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada taraf intermediet dan sensitif. Berdasarkan hasil uji statistik faktor pelarut dan faktor konsentrasi berpengaruh terhadap daya hambat pertumbuhan bakteri uji. Ekstrak daun pegagan (Centella asiatica) dalam pelarut etil asetat lebih efektif menghambat pertumbuhan bakteri uji daripada ekstrak daun pegagan dalam pelarut etanol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pegagan, Centella asiatica, Aktivitas Antibakteri, Ekstrak, Etanol, Etil Asetat, Zona Hambat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:33
Last Modified: 08 Aug 2019 03:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14248

Actions (login required)

View Item View Item