ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mulyati, Nining (2019) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINING MULYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan tingkat kesalahan serta hubungan antara jenis-jenis kesalahan terhadap kesalahan keseluruhan dalam menyelesaikan permasalahan aritmetika sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Labuapi tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yaitu deskriptif jenis koralasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di SMP Negeri 3 Labuapi tahun pelajaran 2018/2019yang berjumlah 144siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Sampel diambil sebanyak 25% dari populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 36 siswa yang terdiri atas 3 siswa berkemampuan tinggi, 27 siswa berkemampuan sedang dan 6 siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Aritmetika sosial mencakup semua jenis kesalahan berdasarkan tahapan Newman, yaitu kesalahan membaca dengan kriteria Rendah, kesalahan memahami dengan kriteria cukup, kesalahan transformasi dengan kriteria cukup, kesalahan keterampilan proses dengan kriteria cukup, dan kesalahan penulisan kesimpulan dengan kriteria sangat tinggi.Hubungan antara jenis-jenis kesalahan terhadap kesalahan keseluruhan yaitu kesalahan membaca dengan kesalahan memahami hubungannya rendah, kesalahan membaca dengan kesalahan transformasi hubungannya rendah, kesalahan membaca dengan kesalahan keterampilan proses hubungannya rendah, kesalahan memahami dengan kesalahan transformasi hubungannya rendah, kesalahan memahami dengan kesalahan keterampilan proses hubungannya cukup dan kesalahan transformasi dengan kesalahan keterampilan proses hubungannya sangat kuat. Berdasarkan wawancara, dapat disimpulkan penyebab terjadinya kesalahan antara lain;siswa kurang teliti dalam membaca soal, tidak memahami kata kunci soal, tidak mampu memilih operasi atau rumus yang digunakan,siswa tidak mengetahui langkah-langkah dalam menyelesaikan soal untuk mendapatkan jawaban yang sesuai dengan penyelesaian soal dan siswa tidak menuliskan kesimpulan jawaban.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan Penyelesaian Masalah, Soal Cerita Matematika, Aritmetika Sosial, Kriteria Newman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:02
Last Modified: 09 Aug 2019 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14249

Actions (login required)

View Item View Item