PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS X DI SMAN 1 LEMBAR

WIRATAMI, DESI AYU (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KELAS X DI SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DESI_AYU_WIRATAMI_E1A014010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran berbasis masalah kelas X di SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test Post-test Non Control Grup Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Lembar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran berbasis proyek dan X MIPA 3 sebagai kelas yang mendapakan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunkan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Data dianalisis menggunakan teknik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 95% menggunakan program SPSS 21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-test yaitu 0.064 lebih dari 0,05 dengan taraf signifikansi 95%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran berbasis masalah kelas X di SMAN 1 Lembar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 10:06
Last Modified: 09 Aug 2019 10:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14250

Actions (login required)

View Item View Item