PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN DI KOTA DENGAN DI DESA KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ilhamiah, Nur Azizah (2019) PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN DI KOTA DENGAN DI DESA KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-NUR AZIZAH ILHAMIAH PGSD FKIP UNRAM 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya siswa SD terampil berbicara dalam bahasa Indonesia untuk mengembangkan keterampilannya dalam berpikir, membaca, menulis, dan menyimak. Keterampilan berbicara siswa di Kota dengan di Desa bisa berbeda berdasarkan asumsi bahwa siswa menguasai kosakata yang berbeda sesuai wilayah tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN di Kota dengan di Desa Kecamatan Praya Timur Tahun 2018/2019. Manfaat penelitian ini sebagai penelitian rintisan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif komparatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 orang siswa kelas V SDN Gugus I dan SDN Gugus IV Kecamatan Praya Timur Tahun 2018/2019, yang diambil dengan teknik propotional area sampling. Teknik pengambilan data yaitu wawancara dan observasi. Metode observasi performa siswa dalam bercerita digunakan untuk memperoleh nilai keterampilan berbicara siswa. Data wawancara diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data observasi diolah dengan teknik analisi uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal penyebab perbedaan keterampilan berbicara siswa yaitu perbedaan motivasi dan minat siswa serta faktor eksternal yaitu perbedaan tempat tinggal siswa yang berdampak pada kebiasaan berbicara dalam bahasa Indonesia dan kosakata bahasa Indonesia yang dikuasai. Nilai rata rata keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN di Kota Kecamatan Praya Timur tahun 2018/2019 yaitu 62 dan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa Kelas V SDN di Desa di Kecamatan Praya Timur yaitu 50,4. Hasil uji t-test diperoleh thitung 3,36 > ttabel (db 78) (ts 5%) 1,99, sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN di Kota dengan di Desa berdasarkan lingkungan tempat tinggal siswa di Kecamatan Praya Timur Tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan berbicara siswa, siswa di kota, siswa di desa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 10:06
Last Modified: 09 Aug 2019 10:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14253

Actions (login required)

View Item View Item