PENGARUH METODE BRAINSTORMING KOLABORASI DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 8 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUDITASARI, LIZA (2019) PENGARUH METODE BRAINSTORMING KOLABORASI DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 8 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming berbantuan media visual terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 8 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel 46 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes hasil keterampilan berbicara siswa dan lembar observasi mengajar guru. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji t (t- polled varian). Berdasarkan hasil post-test diperoleh bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 77,10 sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 74,77. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t_(hitung )sebesar 0,0233 dan t_tabel sebesar 2,0186 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui t_(hitung )≤ t_tabel. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ho dinyatakan diterima dan Ha dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode brainstorming berbantuan media visual terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 8 Praya Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Brainstorming Berbantuan Media Visual, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 10:06
Last Modified: 09 Aug 2019 10:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item View Item