PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V GUGUS IV CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

AMELIAH, MECI (2019) PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V GUGUS IV CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fixxxxxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Gugus IV Cakranegara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 20 Cakranegara dan di SDN 34 Cakranegara pada bulan Maret sampai bulan April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN 20 Cakranegara yang berjumlah 30 orang dan peserta didik kelas V SDN 34 Cakranegara yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda, dokumentasi dan observasi. Sebelum diujikan kepada sampel, pada instrumen tes dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa skor pre-test menunjukkan bahwa hitung lebih kecil dari tabel, yaitu 10.000 ≤ 14,067 sedangkan kelompok kontrol untuk skor pre-test menunjukkan bahwa hitung lebih kecil dari tabel, yaitu 11.600 ≤ 14,067. Pada kelompok eksperimen untuk skor post-test menunjukkan bahwa hitung lebih kecil dari tabel, yaitu 10.000 ≤ 14,067 sedangkan kelompok kontrol untuk skor post-test menunjukkan bahwa hitung lebih kecil dari tabel, yaitu 7.867 ≤ 14,067. Dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan berdasarkan uji homogenitas pada pre-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai sebesar 4.000 dan nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 2,310. Dapat diketahui bahwa semua nilai lebih kecil dari 4,01 sehingga data dapat dikatakan homogen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai sebesar 1,520 lebih kecil dari nilai sebesar 2,001 dengan derajat kebebasan = 60 – 2 = 58 pada taraf signifikansi 5%. Maka Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar Bahasa Indone siswa kelas V SDN Gugus IV Cakranegara tahun pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 10:06
Last Modified: 09 Aug 2019 10:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item