PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

LESTARI, P. AYU SUCI (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS P. AYU SUCI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis merupakan dua hal penting yang perlu dikembangkan demi masa depan peserta didik. Akan tetapi, kedua hal tersebut belum terfasilitasi dengan baik dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model discovery dengan pendekatan konflik kognitif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Research and Develpoment (R & D) ini mengadaptasi model 4-D (Four D model) yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKN 4 Mataram. Pengujian kelayakan produk menggunakan uji validasi oleh tiga orang validator ahli berupa lembar validasi untuk silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), materi pembelajaran, dan instrumen evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada kategori validitas yang sangat tinggi. Pengujian kepraktisan proses pembelajaran menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada kategori kepraktisan yang sangat tinggi. Pengujian keefektifan proses pembelajaran menggunakan soal pilihan ganda sebanyak dua puluh lima butir sebagai instrumen pemahaman konsep fisika dan soal essay (uraian) sebanyak lima butir sebagai instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk melihat peningkatan antara nilai pretest dan nilai posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini terbukti efektif meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model discovery dengan pendekatan konflik kognitif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Konflik Kognitif, Pemahaman Konsep Fisika, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Aug 2019 10:06
Last Modified: 09 Aug 2019 10:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item