PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III SDN 2 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MAESARAH, MAESARAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS III SDN 2 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi - revisi ujian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas III SDN 2 Rumak tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 2 Rumak yaitu sebanyak 45 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah keterampilan unjuk kerja dan observasi dengan instrumen penelitian menggunakan rubrik penelitian dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung 2.551 sedangkan ttabel 2.017 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 43 sehingga thitung 2.551 > ttabel 2.017 maka dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas III SDN 2 Rumak tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan keterampilan membaca puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:22
Last Modified: 13 Aug 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item