PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI DIPADU ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

NISYAH, MIR’ATUN (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI DIPADU ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS MIR'ATUN NISYAH (I2E017018).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penguasaan konsep dan pemecahan masalah merupakan aspek utama tujuan pembelajaran fisika. Inovasi perlu dilakukan untuk memaksimalkan pencapaian tujuan tersebut. Perpaduan model inkuiri dan advance organizer dimaksudkan untuk memfasilitasi peserta didik berkemampuan rendah maupun tinggi agar aktif berpikir, mencoba, berbuat dan menyelesaikan masalah bersama-sama sehingga lebih dapat memaksimalkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah (KPM) fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model 4-D yang terdiri 4 tahap yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan), development (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, materi ajar, dan instrumen tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tim ahli pendidikan fisika Universitas Mataram. Subjek uji coba terbatas adalah guru fisika dan peserta didik kelas X MIA 4 SMAN 7 Mataram. Pada tahap uji coba luas digunakan one group pretest-posttest design yang melibatkan peserta didik kelas X dari tiga sekolah yaitu SMAN 7, SMAN 2, dan SMAN 3 Mataram. Instrumen pengambilan data terdiri dari angket penilaian validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon, lembar penilaian KPM, instrumen tes penguasaan konsep dan KPM peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi menunjukkan komponen perangkat pembelajaran dalam kategori layak-sangat layak. Hasil uji coba terbatas menunjukkan respon peserta didik dan guru dalam kategori baik. Hasil uji coba luas diketahui bahwa kepraktisan pembelajaran di tiga kelompok penelitian dalam kategori praktis. Efektivitas pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan menunjukkan: 1) Respon positif peserta didik terhadap pembelajaran dengan skor tertinggi yaitu pada aspek kepercayaan diri dengan indikator termotivasi untuk belajar dan peningkatkan kemampuan pemecahan masalah; 2) Peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada sub materi dan aspek kognitif dalam kategori sedang-tinggi; 3) KPM peserta didik pada setiap pertemuan dalam kategori baik-sangat baik; dan 4) Peningkatan KPM peserta didik pada sub materi dalam kategori sedang dan tahap pemecahan masalah dalam kategori sedang-tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu advance organizer layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Advance Organizer, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Inkuiri, Penguasaan Konsep, Perangkat Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:22
Last Modified: 13 Aug 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item