ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

PRATAMA, TEGUH SATRIA (2019) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya masyarakat, khususnya siswa memahami dan memiliki nilai-nilai pendidikan yang berkarakter yang terdapat dalam suatu karya sastra seperti novel. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bentuk- bentuk nilai pendidikan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrhman El Shirazy dan (2) hubungan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrhman El Shirazy dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, baca catat, dan menyajikan hasil analisis data dalam bentuk teks. Hasil penelitian ini mengungkapkan terdapat nilai-nilai pendidikan dalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra Karya Habiburrhman El Shirazy. Nilai-nilai pendidikan yang dimaksud yaitu, (1) nilai religius;berdoa, beriman, dan bertaubat (2) nilai moral; rasa hormat, tanggung jawab, toleransi ,taat, semangat, cinta damai, baik, kasih sayang, rasa ingin tau, kepedulian, jujur (3) nilai sosial; kesederhanaan, kesetiaan, rasa kepekaan, menghargai, menjunjung tinggi ikatan, menghormati, prinsip hidup, cinta dan kasih sayang, mentaati norma. Hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA, hasil kajian ini dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA, karena sesuai dengan KD dan KI yang telah ditetapkan dalam K-13 yaitu (KD) Menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan Kompetesi Inti (KI): Menentukan isi novel berdasarkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dan kebahasaan (ungkapan, majas, pribahasa) novel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, novel, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:21
Last Modified: 13 Aug 2019 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item