PEKERJA ANAK PADA USAHA KERAJINAN KETAK (STUDI DI DUSUN NYURBAYE DESA BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT)

Purnama, Indah Arie (2019) PEKERJA ANAK PADA USAHA KERAJINAN KETAK (STUDI DI DUSUN NYURBAYE DESA BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH ARIE PURNAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang pekerja anak pada usaha kerajinan Ketak di Dusun Nyurbaye Desa Batu Mekar, yang difokuskan pada: (1) pola penggunaan waktu kerja yang dilakukan oleh pekerja anak, (2) pola penggunaan tenaga yang dilakukan oleh pekerja anak, dan (3) bentuk-bentuk eksploitasi yang dialami oleh pekerja anak. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menemukan: (1) pola penggunakan waktu yang dilakukan oleh pekerja anak antara lain yaitu anak bekerja setiap hari, anak bekerja paruh waktu (part time), anak bekerja 4-7 jam per hari, dan anak mulai bekerja pukul 09:00-10:00 untuk pekerja anak yang putus sekolah dan 13:00- 14:00 untuk pekerja anak yang masih sekolah. (2) pola penggunaan tenaga yang dilakukan oleh pekerja anak dilihat dari jenis pekerjaan yang dilakukan oleh anak pada proses pembuatan kerajinan. Pekerja hanya melakukan dua jenis pekerjaan mulai dari tahap persiapan bahan baku dan tahap pembuatan. (3) bentuk eksploitasi yang dialami oleh pekerja anak seperti eksploitasi usia, waktu kerja, upah, fisik dan sosial. Secara umum pekerja anak pada usaha kerajinan Ketak mengalami pemberian beban kerja yang berat dan mengalami eksploitasi anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pekerja Anak, Kerajinan Ketak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:16
Last Modified: 14 Aug 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item