PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 4 MATARAM

APRIANI, LILIK (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Peneliti ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design.Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara random setelah dilakukan penyepadanan kelas.Kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang telah memenuhi persyaratan instrumen penelitian.Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui uji t dan N-Gain yang sudah memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi. Impikasinya praktis adalah model (ARCS) dapat digunakan secara teoritis memperkuat teori-teori belajar sebagai background teori pengembangan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:16
Last Modified: 14 Aug 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item