MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG KELOMPOK B MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DI PAUD AL BANNA TAHUN AJARAN 2018/2019

NURNAHLAN, NURNAHLAN (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG KELOMPOK B MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DI PAUD AL BANNA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berhitung pada anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan. Karena melalui kemampuan berhitung anak akan dapat meningkatkan kemampuannya ke tahap pendidikan selanjutnya. Akan tetapi, pada kenyataannya di PAUD Al Banna Mataram NTB kemampuan berhitung kelompok B masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan agar kemampuan berhitung anak berkembang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di PAUD Al Banna Mataram NTB Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam penggunaan media papan flanel yaitu (a) memperkenalkan media yang dilakukan yaitu menggunakan media papan flanel, (b) memberitahukan kepada anak cara atau langkah dalam menggunakan papan flanel dengan cara mempraktekan langsung kepada anak, (c) mengamati perkembangan anak selama menggunakan papan flanel berlangsung, (d) melakukan diskusi dan evakuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata(a) memperkenalkan media yang dilakukan yaitu menggunakan media papan flanel, (b) memberitahukan kepada anak cara atau langkah dalam menggunakan papan flanel dengan cara mempraktekan langsung kepada anak, (c) mengamati perkembangan anak selama menggunakan papan flanel berlangsung, (d) melakukan diskusi dan evakuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil observasi siswa pada pembelajaran menggunakkan media papan flanel yang mengalami peningkatan dari pengembangan I yaitu 47.23%, pengembangan II yaitu 52.78% dan rata-rata presentase pada pengembangan III yaitu 75.80%, dengan peningkatan 5,55 yang menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada pengembangan I ke pengembangan II dan 23,02% menunjukkan adanya peningkatan dari pengembangan II ke pengembangan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkakan kemampuan berhitung kelompok B di PAUD Al Banna Mataram NTB tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan berhitung, papan flanel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:16
Last Modified: 14 Aug 2019 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item