PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HADI YANI, MIRA (2019) PENGARUH METODE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MiraHadiyani22.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, tes hasil belajar, dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari penggunaan metode Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode Think Pair Share kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak menggunakan metode Think Pair Share. Rata-rata nilai pretest dan posttest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 55,11, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 59,06. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak menggunankan rumus polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 2,187 ≥ 2,015 pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Think Pair Share terhadap hasil belajar IPS siswa kelasV SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Think Pair Share, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:15
Last Modified: 14 Aug 2019 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item