PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 MATARAM

FIDIANTARA, FIDIANI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI BERBASIS INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAMA FIDIANI FIDIANTARA NIM (E1A015012) 2019-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains pada materi Sistem Ekskresi siswa kelas VIII di MTsN 1 Mataram. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji gain ternormalisasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi sains siswa pada kelas VIII’1 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas VIII’2 sebagai kelas kontrol yaitu pada kelas VIII’1 memiliki skor gain ternormalisasi sebesar 0,70 sedangkan kelas VIII’2 memiliki skor gain ternormalisasi sebesar 0,56, dan penigkatan literasi sains siswa masuk dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menyatakan nilai thitung (3,26) > ttabel (1,67), yang bearti Ha diterima, sehingga penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri dapat meningkatkan literasi sains siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bahan ajar, inkuiri, literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:33
Last Modified: 16 Aug 2019 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item