PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Yolanda, Selva Eka (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan design untreated control group design with pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling,sehingga terpilih peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jenis tes yang digunakan untuk penguasaan konsep terdiri dari 30 soal pilihan ganda sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah berupa 5 soal uraian. Nilai rata-rata posttest untuk penguasaan konsep pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 73,20 dan 66,18. Nilai rata-rata posttest untuk kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 53,22 dan 49,70. Analisis statistik yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi 0,029 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, karena signifikansi< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran Inkuiri terbimbing, video kontekstual, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Aug 2019 08:33
Last Modified: 16 Aug 2019 08:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item