PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

WULANDARI, TRIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KAUSALITIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRIA WULANDARI (E1Q015069).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kausalitik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Data kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif diambil dengan menggunakan tes berupa soal uraian. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t independen untuk menganalisis perbedaan skor rata-rata pretest dan postest di tiap kelas, uji N-Gain untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik per indikator, serta uji MANOVA untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kausalitik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 23. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) Uji t independen, Ha diterima karena , 2) Gain kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif memiliki nilai berbeda antar kedua variabel dependent, 3) uji MANOVA, Ha diterima karena sig. < 0.05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kausalitik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): :Model Pembelajaran Kausalitik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Aug 2019 00:47
Last Modified: 22 Aug 2019 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item