IMPELEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 JONGGAT KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

HARSONO, HERY (2019) IMPELEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 JONGGAT KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS HERY HARSONO (12K014031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan (1).Impelemtasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Jonggat Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.(2) Pengem- bangan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri 2 Jonggat, dan (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 2 Jonggat Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah,Wakil kepala sekolah, pengawas, dewan guru, dan komite sekolah. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan methode observasi,. wawancara dan dokumentasi.. Langkah analisis data yang digunakan adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman dalam Sugiyono yaitu; pengumpulan data, re- duksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi da- ta.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan adanya Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Negeri 2 Jonggat menunjukkan (1) Implementasi MBS di SMA Negeri 2 Jonggat sudah berjalan baik, hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan diawali dengan rapat pembentukan Tim Pengembang Sekolah. Dalam semua kegiatan perencanaan program mengacu dan memenuhi delapan SNP. Kegiatan pertama Tim adalah menyusun Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Perumusannya berdasarkan masukan dari internal warga sekolah dan rumusannya diputuskan oleh rapat de- wan guru yang dipimpin oleh kepala sekolah. Di samping itu juga Pelaksanaan Program MBS Melakukan koordinasi dengan membuat dan menyediakan bebera- pa pedoman tertulis. (2) Pengembangan MBS menunjukkan hasil diberbagai bi- dang, baik Kurikulum, Tenaga pendidik dan kependidikan, Sarana dan Prasarana maupun bidang Anggaran sekolah. (3) Faktor- faktor pendukung MBS sudah memadai, terlihat dari sarana prasarana yang cukup,tenaga pendiik yang sesuai dengan kualifikasinya,dan faktor penghambat dalam Impementasi MBS di SMA Negeri 2 Jonggat adalah pengawasan dan kurangnya sosialisasi tentang MBS.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi, Manajemen Berbasis Sekolah, mutu pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Aug 2019 00:46
Last Modified: 22 Aug 2019 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14312

Actions (login required)

View Item View Item