ANALISIS NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Iswari, Mahatriani (2019) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan akhlaq yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis konten. Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai pendidikan akhlaq yang berhubungan dengan Allah memiliki beberapa bentuk antara lain taqwa, cinta dan ridha, ikhlas, khauf dan raja, tawakkal, syukur, dan taubat. (2) Nilai pendidikan akhlaq yang berhubungan Rasulullah SAW memiliki beberapa bentuk antara lain mengikuti dan mentaati rasul serta mengucapkan shalawat dan salam. (3) Nilai pendidikan akhlaq yang berhubungan dengan diri sendiri memiliki beberapa bentuk antara lain shidiq, amanah, istiqomah, iffah, mujahadah, syaja’ah, tawadhu, malu, sabar, pemaaf, dan kerja keras. (4) Nilai pendidikan akhlaq yang berhubungan dengan sesama manusia memiliki beberapa bentuk antara lain birrul walidain, memuliakan orang tua dan guru, menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, dan adil. Hubungan nilai pendidikan akhlaq dalam novel Bidadari Bermata Bening berkaitan dengan pembelajaran sastra di SMA kelas XII semester II. Nilai-nilai yang terkandung dalam novel tersebut sesuai dengan pembelajaran sastra yang diajarkan pada KD 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel. Hasil penelitian yang dilakukan ini, diharapkan memudahkan guru untuk mengajarkan nilai pendidikan akhlaq kepada murid, sehingga proses pembelajaran yang salah satunya bertujuan untuk mendidik karakter siswa mampu tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan Akhlaq, Novel Bidadari Bermata Bening, Pembelajaran Sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Aug 2019 00:46
Last Modified: 19 Aug 2019 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item