PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SMA

WIDYANTARI, NI PUTU DEVI MARETHA (2019) PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI PUTU DEVI MARETHA WIDYANTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model brain based learning terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik SMA, (2) pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMA, dan (3) pengaruh model brain based learning terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan menggunakan desain non-equivalent control group design with pre- test and post-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Gerung tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model brain based learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Pemahaman konsep diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda dan kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tes uraian pada materi momentum dan impuls. Hasil tes akhir pemahaman konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,06 dan kelas kontrol 71,76. Sedangkan, hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 78,21 dan kelas kontrol 69,60. Hipotesis pertama dan hipotesis kedua dianalisis menggunakan uji-t polled varians dan hipotesis ketiga dianalisis menggunakan uji Manova dengan bantuan IBM SPSS 23. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model brain based learning terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik SMA, (2) terdapat pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMA, dan (3) terdapat pengaruh model brain based learning terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): brain based learning, pemahaman konsep fisika, kemampuan berpikir kritis fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Aug 2019 00:47
Last Modified: 22 Aug 2019 06:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item