REPRESENTASI PESAN MORAL DALAM NASKAH DRAMA MERARIQ KODEQ KARYA GALIH MULYADI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

NIASARI, RIZKA (2019) REPRESENTASI PESAN MORAL DALAM NASKAH DRAMA MERARIQ KODEQ KARYA GALIH MULYADI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA NIASARI PDF-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan moral dalam naskah drama Merariq Kodeq karya Galih Mulyadi yang diharakan dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan mimetik yang menitikberatkan kajiannya pada hubungan karya sastra dengan kenyataan di luar karya sastra. Berdasarkan temuan dan hasil analisis yang dilakukan pada naskah drama ini, diketahui bahwa naskah drama Merariq Kodeq karya Galih Mulyadi, memuat pesan moral melalui interaksi dari setiap dialog yang ada. Penelitian pesan moral ini dilakukan dengan menggunakan teori moral Burhan Nurgiantoro yang membagi jenis dan wujud moral ke dalam tiga bagian, yaitu: hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkup alam, dan hubungan manusia dengan tuhannya. Jenis dan wujud tersebut meliputi; nilai moral individu: menyadari kesalahan dan menghargai waktu, nilai moral sebagai makhluk sosial: sikap menghargai pasangan dalam rumah tangga, kasih sayang orang tua terhadap anak, mengingatkan orang lain dan musyawarah, nilai religius: beristighfar, mengucap dan menjawab salam serta berdoa. Sesuai silabus kurikulum 2013 kompetensi dasar; 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan dengan indikator pencapaian kompetensi siswa harus menganalisis jenis dan wujud pesan moral yang terdapat dalam teks film/drama Merariq Kodeq karya Galih Mulyadi. Mengenai hubungan dengan pembelajaran sastra di sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menambah pengetahuan siswa tentang pesan moral yang ada di dalam karya sastra dan dapat mengkaitkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pesan Moral, Naskah drama Merariq Kodeq karya Galih Mulyadi, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:29
Last Modified: 22 Aug 2019 06:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item