PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUTMAINNAH, YUNIDAWATI (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_YUNIDAWATI MUTMAINNAH (E1E214115).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus I Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan jenis Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 di SDN Gugus I Mataram. Pupulasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa Kelas V SDN Gugus I Mataram. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 42 Mataram dan siswa kelas V SDN 31 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Uji kualitas instrumen yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t-tes dengan uji persyaratan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitass data. Setelah dilakukan analisis di peroleh hasil thitung 4,22 > ttabel 2,001 pada taraf signifikansi 5% yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus I Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Pop-Up Book, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:49
Last Modified: 19 Aug 2019 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item