PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2018/2019

ELYS, HETY ADELYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HETY ADELYA ELYS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) terhadap hasil belajar dan retensi peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V Tahun Ajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Pujut. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VB SDN 1 Kawo sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Barepaok sebagai kelas kontrol. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Manova dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Kriteria pengujian jika nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena nilai signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V dan (2) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap retensi peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): POE, Hasil Belajar, Retensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:28
Last Modified: 22 Aug 2019 06:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14326

Actions (login required)

View Item View Item