ELYS, HETY ADELYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI HETY ADELYA ELYS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (POE) terhadap hasil belajar dan retensi peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V Tahun Ajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Pujut. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VB SDN 1 Kawo sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Barepaok sebagai kelas kontrol. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Manova dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Kriteria pengujian jika nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena nilai signifikan < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V dan (2) model pembelajaran predict-observe-explain (POE) berpengaruh terhadap retensi peserta didik pada tema panas dan perpindahannya kelas V.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | POE, Hasil Belajar, Retensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 06:28 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 06:28 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14326 |
Actions (login required)
View Item |