PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK

SUDIANAH, SUDIANAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUDIANAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan generik sains peserta didik saat proses pembelajaran dan mengetahui pengaruh model pembelajaran perubahan konseptual terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar fisika peserta didik pada materi Alat-alat optik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 6 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Keterampilan generik sains diperoleh pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang dilengkapi instrumen keterampilan generik sains dengan tes uraian dan hasil belajar ranah kognitif dengan tes pilihan ganda. Keterampilan generik sains peserta didik pada saat pembelajaran, diperoleh bahwa kelas kontrol termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji N-Gain untuk melihat peningkatan per indikator, dan uji MANOVA untuk melihat pengaruh model pembelajaran perubahan konseptual pada kelas eksperimen. Hasil uji N-Gain keterampilan generik sains tergolong dalam kriteria sedang untuk kelas kontrol dan kriteria tinggi untuk kelas eksperimen, sedangkan hasil uji N-Gain hasil belajar tergolong kriteria sedang untuk kelas kontrol dan eksperimen. Uji Manova H0 ditolak, karena sig. < 0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran perubahan konseptual berpengaruh terhadap keterampilan generik sains dan hasil belajar fisika pada materi alat-alat optik peserta didik SMAN 6 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran perubahan konseptual, keterampilan generik sains, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Aug 2019 00:37
Last Modified: 20 Aug 2019 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14333

Actions (login required)

View Item View Item