OPTIMALISASI SINTESIS ALKILETANOLAMIDA DARI MINYAK INTI BUAH NYAMPLUNG (Callophyllum Inophyllum L.) DENGAN ETANOLAMINA SECARA ENZIMATIS

HAFIZI, RIZA KURNIA (2019) OPTIMALISASI SINTESIS ALKILETANOLAMIDA DARI MINYAK INTI BUAH NYAMPLUNG (Callophyllum Inophyllum L.) DENGAN ETANOLAMINA SECARA ENZIMATIS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP RIZA KURNIA HAFIZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Surfaktan (surface active agent) merupakan bahan yang dapat menurunkan tegangan permukaan suatu cairan dan di antarmuka fasa (baik cair-gas maupun cair-cair). Salah satu contoh surfaktan adalah surfaktan alkiletanolamida. Secara umum alkiletanolamida diproduksi dari minyak kelapa sawit dan minyak kelapa yang merupakan komoditi pangan (edible oil), sehingga diperlukan suatu bahan dasar baru yang memiliki kandungan yang hampir sama dengan minyak nabati tersebut namun bukan merupakan komoditi pangan (non edible oil). Salah satunya adalah minyak inti buah Nyamplung (Calophyllum inophyllum L.). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah senyawa alkiletanolamida dapat disintesis dari minyak inti buah Nyamplung, untuk mengetahui kondisi optimum sintesis senyawa alkiletanolamida dari minyak inti buah Nyamplung, serta mengetahui karakteristik alkiletanolamida yang disintesis dari minyak inti buah nyamplung dengan FT-IR dan GC-MS. Dalam penelitian ini, persentase rendemen alkiletanolamida pada kondisi optimum adalah 53,10 %. Kondisi optimum reaksi sintesis alkilketanolamida yang diperoleh adalah rasio massa minyak (gram) dengan jumlah etanolamina (mmol) adalah 1 : 12,5 , rasio massa minyak (gram) dengan jumlah enzim (%) adalah 1 : 3,75 dengan suhu reaksi 40 dan waktu reaksi sintesis selama 7 jam. Karakterisasi alkiletanolamida dengan FTIR ditunjukkan dengan adanya serapan gugus fungsi –OH pada bilangan gelombang 3428.65 cm-1 dan adanya gugus amida yang ditandai dengan munculnya serapan N-H pada daerah 3194.25 cm-1 dan C=O pada bilangan gelombang 1717.09 cm-1 serta pada bilangan gelombang 1065.11 cm-1 yang menujukkan adanya ikatan C-N. Karakterisasi dengan menggunakan GC-MS ditunjukkan dengan munculnya puncak di waktu retensi 12,068 menit dengan M+ (256) untuk Palmitoylethanolamide, dan waktu retensi 12,694 menit dengan M+ (282) untuk Oleylethanolamide serta waktu retensi 12,761 menit dengan M+ (284) untuk Stearoylethanolamide.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Surfaktan, Alkiletanolamida, Minyak Nyamplung, Kondisi Optimum.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:27
Last Modified: 22 Aug 2019 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item