PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

IFTITAHURRAHIMAH, IFTITAHURRAHIMAH (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKIRPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi tulisan siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi lisan siswa siswa materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dalam bentuk rancangan post-test only control grup design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X MIA SMAN 8 MATARAM dan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional. Indikator kemampuan komunikasi tulisan siswa yang diukur dalam penelitian ini yaitu 1) menyajikan pernyataan secara tertulis dan 2) memberi alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi. Kemampuan komunikasi tulisan siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi tulisan siswa materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit. Sedangkan indikator kemampuan komunikasi lisan siswa yang diukur dalam penelitian ini yaitu 1) mengemukakan pendapat, 2) menanggapi pendapat, 3) mengajukan pertanyaan, dan 4) menjawab pertanyaan. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi lisan siswa materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, kemampuan komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:27
Last Modified: 22 Aug 2019 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item