GUNAWAN, LALU ARDIAN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN STUDY CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan study card terhadap hasil belajar kimia materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dalam bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan ctudy card sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (3,976) > ttabel (1,671) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan study card memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, study card dan materi pokok larutan penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 06:23 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 06:23 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14340 |
Actions (login required)
View Item |