PARWANI, SRI DEWI (2019) PENGARUH EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 PERAMPUAN KECAMATAN LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi-Sri Dewi Parwani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap rasa percaya diri siswa kelas V SDN Gugus 4 Perampuan Kecamatan Labuapi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Populasi dalam penelitian adalah anggota pramuka siswa kelas V SDN Gugus 4 Perampuan. Penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 66 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Analisis data dihitung menggunakan SPSS 16.0 For windows. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus one sample kolmogorov smirnov. Hasil uji normalitas menunjukkan data kepramukaan sebesar 0.082 dan percaya diri sebesar 0.175, kedua nilai tersebut lebih besar dari 0,05 yang berarti bahwa kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Uji linieritas data dengan perolehan nilai signifikansi pada kolom Deviation from Linearity diperoleh sebesar 0,094 > 0,05 yang menunjukkan bahwa p-value > 0.05, artinya data linier. Kemudian pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung 5,495 > ttabel1,999 maka dapat diinterpretasikan ada pengaruh antara ekstrakurikuler kepramukaan terhadap rasa percaya diri siswa kelas V SD Negeri Gugus 4 Perampuan Kecamatan Labuapi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kepramukaan dan rasa percaya diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 06:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2019 06:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14343 |
Actions (login required)
View Item |