PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

SAHRUDIN, SUMARNI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSIKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitan ini adalah penelitan kuasi eksperimen dengan desain pretest- postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gunungsari, dengan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA.1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI IPA.2 (kelas kontrol). Penelitian ini dilakukan dari Bulan Oktober 2015 sampai Bulan September 2017. Hasil belajar yang diteliti adalah hasil belajar pada ranah kognitif sedangkan untuk ranah afektif, dan psikomotor sebagai data pendukung. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar pada ranah kognitif adalah tes objektif yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran soal. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 68,06 dan kelas kontrol adalah 56,25. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data posttest terdistribusi normal dan homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah statistik parametrik t-test polled varian dengan kriteria uji t, dan diperoleh sebesar 3,95 dan sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5%. Oleh karena itu lebih besar dari maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Gunungsari tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Inkuiri, Metode Eksperimen, Hasil Belajar Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 00:12
Last Modified: 21 Aug 2019 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14346

Actions (login required)

View Item View Item