ANALISIS CAKUPAN KETERAMPILAN PROSES DAN LITERASI SAINS PADA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

ZAHROPI, NURUL (2019) ANALISIS CAKUPAN KETERAMPILAN PROSES DAN LITERASI SAINS PADA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURUL ZAHROPI E1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berperan penting untuk membangun keterampilan proses dan kompetensi literasi sains peserta didik, oleh karena itu LKPD sebaiknya terintegrasi keterampilan proses sains dan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori cakupan keterampilan proses dan literasi sains pada LKPD berdasarkan kompetensi keterampilan proses sainsterdiri dari a) melakukan pengamatan, b) menafsirkan pengamatan, c) mengklasifikasikan, d) meramalkan, e) berkomunikasi, f) berhipotesis, dan g) merencanakan percobaan. Sedangkan literasi sains terdiri dari: a) menjelaskan fenomena secara ilmiah, b) mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah, dan c) interpretasi data dan membuktikan data secara ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi dokumen. Pengumpulan data penelitian mengggunakan instrumen analisis. Tehnik analisis data menggunakan rumus persentase untuk menentukan proporsi kategori cakupan setiap kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata cakupan keterampilan proses sains yaitu 65.38% (sedang) sedangkan rata- rata cakupan literasi sains yaitu 13.93% (sangat rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cakupan, LKPD, Keterampilan Proses Sains, Literasi Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 00:10
Last Modified: 21 Aug 2019 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item