PENGARUH MODEL PROBING-PROMPTING LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS IV KECAMATAN MATARAM

Sagita, Dian (2019) PENGARUH MODEL PROBING-PROMPTING LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS IV KECAMATAN MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN SAGITA (E1E015017).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model probing-prompting learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Mataram. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di SDN Gugus IV Kecamatan Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive yang memperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas V di SDN 44 Mataram sebagai kelompok eksperimen dan SDN 35 Mataram sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan tes tulis. Data dari motivasi belajar dan hasil belajar IPS berupa pretest dan posttest, kemudian dilakukan perhitungan nilai N-Gain. Nilai N-Gain diuji normalitasnya dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan levene’s test. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Pada motivasi belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan pada hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model probing-prompting learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus IV Kecamatan Mataram. Selanjutnya, dilakukan uji effect size dengan perolehan yaitu pada motivasi belajar sebesar 1,508 berkategori tinggi dan hasil belajar sebesar 1,019 berkategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Probing-Prompting Learning, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:21
Last Modified: 22 Aug 2019 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item