PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LESTARI, YUNITA DEWI (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV DI SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNITA DEWI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yaitu tes unjuk kerja dan dokumentasi. Tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis narasi sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian berupa foto-foto, dan lainnya selama penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap keterampilan menulis narasi. Berdasarkan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis narasi pada kelas eksperimen adalah 78.02 dan kelas kontrol adalah 64.96. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2.054, dan t tabel 2.015 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan Tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran CTL dan Keterampilan Menulis Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2019 06:21
Last Modified: 22 Aug 2019 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item