PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERORIENTASI PADA PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

MAHDI, MAHDI (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA BERORIENTASI PADA PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS MAHDI (I2E017014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia berorientasi pada penemuan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and development dengan mengadaptasi pengembangan perangkat model empat-D yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design, development dan disseminate. Tahap define terdiri dari analisis kurikulum, analisis kemampuan peserta didik, observasi pembelajaran di kelas, analisis materi reaksi oksidasi reduksi dan tata nama senyawa. Tahap design meliputi penyusunan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik dan instrumen tes untuk mengukur literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Tahap development, berupa pengembangan penyusunan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen tesliterasi sains dan keterampilan berpikir kreatif yang divalidasi oleh 3 validator. Hasil validasi dibandingkan dengan tabel kriteria validasimenunjukkan kategori layak. Saran dari ahli digunakan untuk merevisi perangkat pembelajaran. Hasil respon guru terhadap RPP dan LKPD serta respon peserta didik terhadap LKPD sangat positif untuk menyempurnakan produk. Adapun hasil kepraktisan perangkat pembelajaran yang diperoleh dari analisis keterlaksanaan pembelajaran di MAN 1 Mataram dan MAN 2 Mataram menunjukkan sangat praktis. Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran terhadap literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat efektif. Dengan demikian, perangkat pembelajaran kimia berorientasi pada penemuan terbukti layak, sangat praktis dan sangat efektif meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Penemuan; Literasi Sains; Berpikir Kreatif, Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:59
Last Modified: 21 Aug 2019 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item