NILAI PENDIDIKAN DALAM LAGU TRADISIONAL SASAK DAN KAITANYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR

DWIPUTRA, LALU FEBYALDI (2019) NILAI PENDIDIKAN DALAM LAGU TRADISIONAL SASAK DAN KAITANYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lagu-lagu tradisional suku Sasak dan kaitanya dengan pembelajaran sastra di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lagu-lagu tradisional suku Sasak dan mendeskripsikan hubungan hasil analisis nilai-nilai pendidikan dalam lagu tradisional suku Sasak dengan pembelajaran sastra di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode content analisis atau analisis isi dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa yang jadi masalah, kemudian kemudian menganalisis dan menafsirkan data yang ada. Adapun hasil dari penelitian ini adalah berupa nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan agama. Nilai pendidikan moral terkait perbuatan adalah (a) Murid minta izin pulang ke rumah kepada Guru dan (b) duduk dengan cara yang sopan. Nilai pendidikan moral terkait sikap adalah (a) menghargai dan menghormati guru (n) mendengarkan nasihat orang yang lebih tua (c) mencintai pekerjaan (d) tidak kentut sembarangan dan (e) saling menyayangi. Nilai pendidikan moral terkait kewajiban adalah (a) berpamitan setelah kegiatan belajar selesai (b) menasihati orang yang lebih kecil dan menghargai yang lebih tua (c) menekuni pekerjaan. Nilai pendidikan sosial terkait perilaku sosial dan tata cara hidup sosial adalah menjalin kebersamaan dalam hubungan bermasyarakat. Nilai pendidikan agama yang terdapat pada lagu tradisional suku Sasak adalah mengajarkan seseorang untuk selalu melaksanakan ibadah seperti mengaji agar lebih memahami tentang ajaran-ajaran-Nya dan lebih mengetahui mana perbuatan yang baik dan buruk. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lagu-lagu tradisional suku Sasak seperti nilai pendidikan moral, sosial, dan agama sesuai dengan perkembangan belajar siswa karena lagu-lagu tradisional ini mencangkup nilai-nilai pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai pendidikan, lagu-lagu tardisional suku Sasak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:49
Last Modified: 21 Aug 2019 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item