ONOMATOPE BAHASA SASAK DIALEK NGENO-NGENE DI KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

LAELATUNNI’AM, LAELATUNNI’AM (2019) ONOMATOPE BAHASA SASAK DIALEK NGENO-NGENE DI KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penlitian ini adalah tentang bentuk dan makna onomatope bahasa Sasak dialek Ngeno-Ngeno di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna onomatope pada bahasa Sasak Dilaek Ngeno Ngene di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode introspeksi, metode wawancara dengan teknik rekam, kerja sama dengan informan, dan teknik catat. Setelah data didapatkan, selanjutnya data dianalisis menggunakan beberapa metode, pertama metode padan intralingual dengan teknik lanjutan hubung banding membedakan, kedua metode padan ekstralingual dengan teknik lanjutan yang menyesuaikan dengan kebutuhan analisis, yaitu teknik terjmah, teknik transliterasi bunyi. Ketiga metode distribusional dengan teknik urai unsur terkecil, penggantian atau subtitusi. Hasil penelitian ini adalah ada dua bentuk onomatope yaitu onomatope bentuk dasar dan onomatope bentuk turunan. Onomatope bentuk dasar memiliki kategori bentuk yaitu monosilabel, bisilabel dan multisilabel. Sedangkan onomatope bentuk turunan meliputi kategori bentuk afiksasi, reduplikasi serta penambahan partikel. Makna onomatope pada masing-masing bentuk onomatope akibat proses morfologis yang terjadi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): onomatope, bentuk dasar, bentuk turunan, makna leksikal, makna onomatpe akibat proses morfologis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:06
Last Modified: 21 Aug 2019 01:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item