PENGARUH MODEL PEROLEHAN KONSEP DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Atikatun Hulwani, Atikatun Hulwani (2019) PENGARUH MODEL PEROLEHAN KONSEP DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ATIKATUN HULWANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model perolehan konsep dengan metode demonstrasi terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pre-test and post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA pada salah satu SMA Negeri yang ada di Lombok Barat dengan jumlah 197 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre- test dan post-test berupa soal pilihan ganda sebanyak 21 butir soal yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 37,3 dan kelas kontrol 35,9; sedangkan hasil post-test diperoleh nilai rata- rata untuk kelas eksperimen yaitu 79 dan untuk kelas kontrol yaitu 71. Teknik analisis data menggunakan uji-t with pre-test and post-test, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 2,250 dengan ttabel sebesar 2,012 pada taraf signifikan 5 %. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, yang artinya model perolehan konsep dengan metode demonstrasi berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA. Hasil ini dapat dibuktikan dengan uji N-gain, dimana terdapat peningkatan penguasaan konsep per sub materi sebesar 67% untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 55% dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perolehan konsep, demonstrasi, penguasaan konsep, fisika, SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:46
Last Modified: 21 Aug 2019 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item View Item