PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY DENGAN METODE PEER TUTORING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X

TANAYA, ISABELLA AMANDA PUTRI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY DENGAN METODE PEER TUTORING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran modified free inquiry dengan metode peer tutoring terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Gerung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu peserta didik kelas X MIPA 6 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran modified free inquiry dengan metode peer tutoring dan kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran direc interaction dengan metode ceramah. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t dan uji manova. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran modified free inquiry dengan metode peer tutoring terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): modified free inquiry, peer tutoring, penguasaan konsep, kemampuan berpikir kritis, fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Aug 2019 01:45
Last Modified: 21 Aug 2019 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/14369

Actions (login required)

View Item View Item